Apa itu berita?

Hai.. hai.. ketemu lagi dengan kami.... 
Nah teman-teman sering nonton atau baca berita gak? Wah... kalau gak teman -teman harus rajin-rajin melakukannya yaa, karena berita itu penting banget untuk menambah informasi kita:)
Nah ayoo yuk cari tahu tentang berita itu sendiri...


1.      Apa itu berita?
Berita merupakan laporan atau informasi tercepat mengenai suatu kejadian yang berdasarkan fakta serta memilki sifat yang unik dan menarik sehingga dapat mengundang perhatian seseorang atau sekelompok orang untuk menyimak maupun membaca informasi tersebut
2.      Dua macam berita:
  1. Berdasarkan sifat kejadian berita
·         Berita yang diduga, yakni berita yang sudah diduga akan terjadi. Contohnya: perayaan Hari Ibu, Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, Hari Lahir Pancasila dan lain sebagainya.
·         Berita yang tak terduga, yakni berita yang kejadiannya tak terduga sama sekali, yang terjadi secara tiba-tiba. Contohnya: pembunuhan misterius, kebakaran yang memusnahkan puluhan rumah warga dan lain sebagainya.
  1. Berdasarkan persoalan atau masalah yang dicakupnya
·         Berita politik merupakan berita yang memuat masalah kenegaraan, sejak masalah diplomasi internasional, pemilihan umum dan krisis kabinet, sampai pada masalah politik yang timbuh dari daerah-daerah terpinggir serta pelosok.
·         Berita ekonomi merupakan berita khusus yang hanya menyiarkan tentang ekonomi, contohnya The Economic di Inggris, dan Jurnal Ekonomi di Indonesia.
·         Berita kejahatan merupakan berita yang membahas hal-hal seputar dunia kriminal dan segala kejadian yang melanggar peraturan serta undang-undang negara.
·         Berita kecelakaan atau kebakaran merupakan berita yang digolongkan ke dalam klasifikasi berita menurut sifat kejadiannya, yaitu berita tak terduga. Contoh judul berita kecelakaan, ‘’Rem Blong, Bus Rombongan Guru Masuk ke Jurang’’.
·         Berita olah raga berita yang membahas mengenai dunia olahraga beserta segala sesuatu yang ada di dalamnya.
·         Berita militer berita yang berisi pembahasan mengenai persenjataan, alutsista negara, dan peristiwa-peristiwa seputar peperangan yang dilakukan oleh suatu golongan terhadap golongan lain.
·         Berita ilmiah adalah segala berita-berita kemajuan ilmu pengetahuan, baik berupa penemuan-penemuan baru, teori-teori baru, perbaikan cara kerja yang baru, hasil survei, penemuan-penemuan ahli ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.
3.      Empat nilai dalam berita
  1. Cepat berarti memiliki ketepatan waktu dan bersifat aktual.
  2. Nyata/Faktual artinya berita haruslah merupakan informasi tentang sesuatu yang sesuai dengan keberadaan sebenarnya atau laporan mengenai fakta sebagaimana adanya.
  3. Penting artinya berita haruslah menyangkut kepentingan orang banyak.
  4. Menarik maksudnya dapat mengundang perhatian orang banyak untuk membaca berita yang ditulis.
4.      Tiga teknik mencari bahan berita
  1. Reportase merupakan sebuah kegiatan jurnalistik berupa terjun langsung ke lapangan atau TKP (Tempat Kejadian Perkara).
  2. Wawancara merupakan teknik mencari bahan berita yang bertujuan untuk menggali informasi, komentar, opini seseorang, serta data tentang suatu masalah yang secara terbuka untuk mengajukan pertanyaan pada narasumber.
  3. Riset kepustakaan adalah teknik peliputan atau pengumpulan data dengan mencari makalah atau artikel koran atau menggunakan search engine di internet untuk memperdalam suatu masalah.
5.      Tiga teknik menulis berita
  1. Gaya piramida terbalik, bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam menemukan berita yang dicari dengan cepat. Jika kita mengambil bentuk piramida terbalik, bagian pertama yang kita temui ialah judul (Head), waktu dan tempat (Dateline), teras berita (Lead) serta isi berita (Body).
  1. Menulis teras berita bertujuan untuk menonjolkan bagian-bagian penting dari suatu berita dan teras berita juga sebuah ringkasan dari suatu berita. Contoh: Dua orang pria, Sudin (43 tahun) dari Sidoarjo dan Simin (18 tahun) dari Solo meninggal pagi ini jam 04.30 di Perempatan Jalan Nusantara dan Hayam Wuruk, akibat ditabrak bus Merantama yang melaju dan tidak lagi dapat dikendalikan.
  2. Teknik menulis tubuh berita dapat dilakukan dengan menggunakan lima pegangan pokok, yaitu:
·         Laporan berita haruslah bersifat menyeluruh.
·         Ketertiban dan keteraturan mengikuti gaya menulisa berita.
·         Tepat di dalam penggunaan bahasa dan tata bahasa,
·         Ekonomi kata harus diterapkan.
  1. Gaya tulisan harus penuh makna, berwarna dan mengacu pada imajinasi pembaca
6.      Dua teknik menyunting berita
  1. Membaca ulang konsep dasar teks/karangan/naskah dengan penuh ketelitian dan kehati-hatian.
  2. Mengidentifikasi dan memperhatikan kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam penggunaan bahasa, meliputi:
·         Kesalahan penggunaan kata baku dan tidak baku
·         Kesalahan ejaan
·         Kesalahan tanda baca
·         Kesalahan diksi atau pilihan kata
·         Kesalahan struktur
·         Kesalahan konjungsi atau kata hubung
  1. Memperhatikan tata letak (layout) tulisan/naskah yang meliputi penempatan posisi judul utama, judul tambahan, sub judul, urutan penomoran, penempatan gambar atau grafik.
  2. Memperhatikan indentasi, spasi, dan tingkat kerapian antar kata, kalimat, maupun paragraf.
  3. Memperbaiki kesalahan teks atau karangan yang telah diidentifikasi sebagaimana yang telah tersebut di atas dengan cara menghapus, mengganti, atau menambah unsur-unsur bahasa dalam tulisan.
Sebagai tahap finalisasi, seorang penyunting dapat membaca ulang teks/karangan yang telah disunting sebelum dipublikasikan kepada khalayak ramai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tajuk Rencana Bagian 2

Mading

Kelebihan, Kekurangan dan tahapan menulis Newsletter