Rubrik

Bagian dari media massa yang tidak kalah penting adalah rubrik. Di setiap media massa tulis pasti ada rubrik. Mari kita saat ini membicarakan rubrik

1. Pengertian Rubrik
Berkaitan dengan apa yang dimaksud dengan rubrik, seorang ahli seperti Onong Uchjana Effendy menyatakan bahwa rubrik berasal dari bahasa Belanda yaitu rubiek yang berarti ruangan pada halaman surat kabar, majalah atau media cetak lainnya mengenai suatu aspek atau kegiatan dalam kehidupan masyarakat, misalnya rubrik wanita, rubrik olahraga, rubrik pendapat pembaca. Selain itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) rubrik merupakan suatu karangan yang bertopik tertentu dalam surat kabar, majalah dan sebagainya. Misalnya dalam suatu majalah remaja terdapat rubrik puisi, cerita pendek, rubrik kesehatan, rubrik zodiak, rubrik iptek ataupun rubrik musik. Secara umum, Rubrik adalah ruangan yang ada pada surat kabar yang memuat isi dan berita, ruangan khusus yang bisa dimuat dengan periode-periode yang tetap dengan harian tertentu atau beberapa minggu sekali yang membuat masalah masing-masing sesuai yang ditulis dalam rubrik tersebut.

2. Jenis-Jenis Rubrik
Didalam tabloid atau majalah dan penerbitan pers lainnya, istilah rubrik tidak dapat dipisahkan karena rubrik menyangkut kepada isi dari surat kabar, tabloid, majalah, buletin dan sebagainya. Rubrik merupakan karya jurnalistik baik dalam majalah maupun media cetak lainnya yang mempunyai ciri khas dari segi penyajian kepada pembaca berdasarkan kepentingan yang ada atau terbentuknya spesialis kepada pembaca mengenai isi pesan yang disampaikan. Oleh karena itu, rubrik terbagi dalam beberapa jenis-jenis yang meliputi:
Rubrik informasi, meliputi perihal keluarga seperti pertunangan, perkawinan, kelahiran, kematian. Perihal kesejahteraan seperti koperasi, fasilitas dari organisasi, kredit rumah. Perihal pengumuman pimpinan organisasi, peraturan, surat keputusan, pergantian pemimpin, kepindahan pegawai hingga pertemuan rapat kerja, penataran dan konferensi.
Rubrik edukasi, meliputi tajuk rencana, artikel dan kutipan pendapat tokoh.
Rubrik rekreasi, meliputi cerita pendek, anekdot, pojok atau sentilan dan feature atau kisah minat insani seperti human interest (kisah tentang kehidupan seseorang).

Nah itu artikel mengenai rubrik. Semoga pembaca khususnya yang ingin menulis atau bekerja di bidang jurnalistik dapat sedikit memahami rubrik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tajuk Rencana Bagian 2

Mading

Kelebihan, Kekurangan dan tahapan menulis Newsletter