Iklan bagian 2

Informasi lain tentang iklan yang wajib teman-teman ketahui selain artikel sebelumnya yaitu hal tentang di bawah ini.    
a. Fungsi Teks Iklan 
     1. Sebagai informasi
    Pada fungsi ini, teks iklan berperan untuk memberikan informasi pada khalayak umum mengenai barang atau jasa yang ditawarkan. Informasi yang diberikan pada pembaca akan menjadikan pembaca memahami tentang maksud dari barang dan jasa tersebut ditawarkan pada mereka.
2.      Sebagai persuasi
     Pada fungsi ini, teks iklan berperan untuk mengingatkan khalayak atau konsumen mengenai produk-produk tertentu supaya dapat menggunakan sealu produk-produk yang diiklankan tersebut.
3.      Sebagai reminder atau pengingat
    Pada fungsi ini, suatu fungsi dapat mengingatkan khalayak umum mengenai produk-produk yang diiklankan tersebut.


b. Macam-Macam Teks Iklan

Teks iklan secara umum dapat dibedakan berdasarkan tujuannya ke dalam beberapa jenis:
1.      Teks Iklan Keluarga.
Iklan keluarga atau obituari merupakan  iklan yang memuat berita keluarga. Tujuan dari iklan keluarga bukan untuk menarik perhatian publik dengan maksud menjual sesuatu. Iklan keluarga bertujuan untuk memberitahukan sebuah  informasi pada beberapa golongan publik terhadap sebuah kabar tertentu. Misalnya berita kematian, pernikahan, dan kelahiran.
Contoh teks iklan keluarga:




2.                                     Sumber: Google


    Teks Iklan Pengumuman dan Undangan.
Teks iklan pengumuman dan undangan berisi pemberitahuan pada khayalak umum atau golongan tertentu. Teks iklan pengumuman dan undangan bertujuan tidak untuk menjual barang atau jasa. Iklan seperti ini biasanya dibuat oleh instansi pemerintah atau badan swasta. Contohnya seperti pengumuman tentang penerimaan mahasiswa baru, undangan rapat, dan pengumuman pemadaman listrik.
Isi pengumuman ini juga harus jelas, singkat serta disusun secara sistematis. Hal terpenting dalam pengumuman pesan yang disampaikan harus dapat terlihat jelas. Misalnya dengan membuat kop dengan menggunakan huruf yang mencolok. Kop yang mencolok akan membuat pembaca tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai isi pengumuman.
Contoh teks iklan pengumuman dan undangan:




Sumber: www.artikelmateri.com

3 Teks Iklan Pasaran Tenaga Kerja.
Teks iklan pasaran tenaga kerja merupakan iklan yang dibuat oleh instansi-instansi pemerintah atau badan swasta yang membutuhkan tenaga kerja. Iklan mencari pekerjaan juga dapat digolongkan kedalam jenis teks iklan pasaran tenaga kerja. Membuat iklan teks pasaran tenaga kerja harus jelas dan ringkas, serta hal pokok dikemukakan lebih dahulu dan diberi penekanan.
Contoh iklan pasaran tenaga kerja:
medan.tribunnews.com



4.      Teks Iklan Jual Beli dan Sewa Menyewa.
Teks iklan jual beli dan sewa menyewa berisi penawaran atau pembelian. Iklan seperti ini juga disebut sebagai iklan penawaran. Iklan penawaran, dapat meliputi:
a)      Penawaran barang atau jasa.
b)      Permintaan barang atau jasa.
c)      Penawaran mengenai sewa menyewa rumah.
Informasi utama yang disampaikan harus menggunakan cetakan tebal dan mencolok agar dapat menarik perhatian. Misalnya seperti kata “DIJUAL SEGERA”, “DISEWAKAN”.
            Contoh iklan jual beli dan sewa menyewa:
koranposkota.co.id



5.      Teks Iklan Propaganda.
Jenis iklan propaganda adalah iklan mereklamekan barang-barang atau jasa, misalnya seperti pasta gigi, sabun, barang elektronik, mesin jahit, jasa pengangkutan, jasa bank, dan jasa asuransi. Tujuan iklan propaganda adalah untuk memperkenalkan atau mempropagandakan perusahaan yang baru dibuka, barang-barang baru atau barang-barang istimewa. Teks iklan ini juga disebut sebagai teks iklan komersial. Teks iklan jenis ini yang paling sering muncul dalam media massa.
Iklan jenis ini harus ditampilkan secara berkala dan berulang dalam berbagai surat kabar, majalah, dan media massa lainnya. Jenis iklan ini merupakan iklan yang memiliki tingkat kesulitan paling tinggi dalam penyusunannya. Iklan komersial harus disusun dengan cara yang benar-benar menarik, memikat, dan actual sehingga menimbulkan keinginan keras bagi konsumen untuk membeli atau mencoba barang-barang yang diiklankan tersebut. Karenanya, dalam menyusun iklan yang bersifat propaganda ini sebuah perusahaan menyerahkan pada suatu badan khusus seperti biro iklan atau melalui staf khusus dari perusahaan tersebut.
Contoh teks iklan propaganda:

hariandepok.com
salamadian.com

6.      Teks Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat (ILM) adalah  iklan yang menyajikan informasi berupa pesan sosial, tujuannya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap masalah yang sedang dihadapi, baik kehidupan umum, keselarasan maupun ancaman sosial.
Contoh teks iklan layanan masyarakat:

sultengterkini.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tajuk Rencana Bagian 2

Mading

Kelebihan, Kekurangan dan tahapan menulis Newsletter