Ciri Newsletter

Bagi kamu yang ingin menulis atau membuat Newsletter, kamu harus memperhatikan ciri-ciri dari Newsletter agar kamu tidak terkecoh dengan majalah atau media massa lainnya.
Suatu media massa pasti memiliki ciri-ciri tersendiri. Newsletter sendiri pun memiliki ciri-ciri diantaranya :
  1. Berisi informasi atau berita yang sesuai dengan minat pembacanya (anggota perusahaan/ organisasi/ lembaga/ komunitas lainnya).
Seperti yang kita tahu, newsletter berfungsi untuk menawarkan jasa atau barang dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, pihak perusahaan harus mengerti seberapa besar minat pembeli terhadap barang/jasa yang dimiliki perusahaan tersebut sehingga informasi-informasi yang ditampilkan dalam newsletter sesuai dengan minat pembacanya.
  1. Berisi informasi mengenai kegiatan perusahaan/ organisasi/ lembaga/ komunitas lainnya
Di dalam newsletter berisi berbagai informasi ataupun kegiatan perusahaan atau organisasi. Informasi yang disajikan didalam newsletter  bisa berupa kegiatan diluar perusahaan, prestasi karyawan, dan informasi-informasi penting terkait perusahaan semua tercantum secara ringkas di dalam newsletter  ini.
  1. Informasi yang disajikan bersifat ringan, mudah dibaca, dan mudah dimengerti
Dalam menyajikan informasi kepada konsumen, newsletter ini ditulis secara rinci dan singkat dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pembacanya.
  1. Profil pegawai
Profil pegawai berfungsi untuk menambah keyakinan pembaca untuk membeli barang atau jasa yang dimiliki sebuah perusahaan. Profil pegawai ini dipercaya sebagai bentuk testimoni yang membuat pembeli menjadi ingin membeli barang/jasa perusahaan tersebut.
  1. Berupa lembaran, 1 lembar atau 2 lembar
Tidak seperti majalah ataupun media cetak lainnya, newsletter ini memiliki sedikit halaman hanya sekitar 1 sampai 2 halaman.
  1. Desainnya menarik dan penuh warna
Desain yang disajikan didalam newsletter dibuat dengan semenarik mungkin agar menarik peminat pembacanya. Biasanya sebagian orang  yang ingin membaca sesuatu pasti dilihat dari desainnya terlebih dahulu baru isi.
  1. Banyak foto kegiatan perusahaan/ organisasai/ lembaga/ komunitaslainnya
Tak hanya berita yang disajikan didalam newsletter, perlu juga diberi berbagai foto kegiatan agar newsletter yang dibuat tidak terlalu monoton atau membosankan. Dan pembaca juga bisa mengetahui suasana dari kegiatan tersebut melalui foto-foto yang disediakan.
  1. Penerbitannya berkala
Newsletter berbeda dengan berita. Berita mampu memperbaharui isi atau kontennya setiap hari. Namun, berbeda dengan newsletter. Isi atau konten dari newsletter bisa jadi sama karena fungsinya. Oleh karena itu, newsletter diterbitkan secara berkala untuk mempersempit kebosanan pembaca

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tajuk Rencana Bagian 2

Mading

Kelebihan, Kekurangan dan tahapan menulis Newsletter