Tajuk Rencana

Dalam salah satu bagian dalam media massa terdapat sebuah bagian yang dinamakan tajuk rencana. Banyak orang yang belum tau tentang tajuk rencana. Padahal tajuk rencana adalah bagian terpenting dalam media massa. Maka dari itu,kami mengajak pembaca untuk mendalami tentang tajuk rencana, khususnya mahasiswa yang mengambil jurusan dibidang jurnalistik.

A. Pengertian Tajuk Rencana 
           Kali ini, tulisan yang dimuat tentang pengelolaan media massa. Pengelolaan media massa adalah salah satu mata kuliah yang diambil oleh penulis di semester ini. Jadi, tulisan-tulisan akan seputar media massa, jenis dan cara mengelola media massa dan masih banyak lagi.  Bagian pertama yang penulis akan tulis yaitu pengertian tajuk rencana. Cekidot….
         Tajuk rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran serta pembaca (sumber: id.wikipedia.org).
         Tajuk rencana tidak dapat disebut berita. Tajuk rencana mirip dengan opini yang ditulis oleh para penulis lepas. Bedanya, tajuk rencana ditulis oleh para redaktur yang mewakili suara lembaga pers tentang permasalahan yang sedang aktual dan banyak diberitakan di media massa, termasuk di media yang bersangkutan sementara opini biasanya ditulis oleh penulis lepas atau kontributor. Definisi tajuk rencana kemudian menjadi rancu ketika ada media massa yang menggunakan istilah berita utama untuk tajuk rencana.
      Dapat disimpulkan, tajuk rencana merupakan opini yang ditulis oleh pemimpin redaksi berdasarkan suara kolektif dari seluruh jajaran redaksi. Itulah pengertian tentang tajuk rencana. Semoga, teman-teman bisa lebih mengerti tentang tajuk rencana.

B. Ciri, Struktur, dan Unsur Tajuk Rencana
             Pembahasan yang kedua masih berkaitan dengan tajuk rencana. Tajuk Rencana memiliki persamaan dengan editorial. Tetapi kedua hal tersebut pada dasarnya berbeda. Tajuk rencana memiliki ciri khusus yaitu: 
1. Berisi opini redaksi tentang peristiwa yang sedang hangat dibicarakan.
2. Berisi ulasan tentang suatu masalah yang dimuat.
3. Biasanya berskala nasional, tetapi berita internasional juga dapat menjadi tajuk rencana apabila berita tersebut memberi dampak kepada nasional.
4. Tertuang pikiran subyektif redaksi.

Selain itu, tajuk rencana memiliki beberapa unsur, seperti: 
1. Menyatakan suatu pendapat
2. Logis dan sistematis
3. Singkat, padat dan jelas
4. Menarik untuk dibaca


Struktur Tajuk Rencana
Bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut:
1 Judul
2 latar belakang masalah,
3 tokoh,
4 masalah,
5 peristiwa yang disampaikan.
6 opini penulis,
7 saran dan solusi permasalahan,
8 kesimpulan,
9 sumber berita, dan
10 anggota redaksi.
      Jadi, tajuk rencana memiliki ciri, struktur dan unsur yang berbeda tetapi saling melengkapi. Ketiga hal tersebut harus sangat diperhatikan agar sebuah tajuk rencana menjadi tajuk rencana yang baik.

C.Jenis Tajuk Rencana

Berbicara tentang jenis pasti orang langsung memikirkan tentang banyak hal. Begitu juga dengan tajuk rencana. Tajuk rencana dapat dikelompokkan menjadi delapan jenis, yaitu sebagai berikut.
1. Tajuk rencana yang bersifat menjelaskan
Tajuk rencana ini berupa esai yang berisi penjelasan, penjelasan tersebut terkait dengan fakta atau isu yang sedang hangat-hangatnya dan berkaitan dengan kepentingan masyarakat.
2. Tajuk rencana yang bersifat mengkritik
Tajuk rencana ini berisi tentang kritikan terhadap suatu isu yang sedang terjadi di masyarakat. Selain berupa kritikan, tajuk rencana ini juga memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi.
3. Tajuk rencana yang bersifat membujuk.
Tajuk rencana ini menjadi persuader masyarakat untuk melakukan hal yang mengarah kepada pemecahan suatu masalah. Maksud dari tajuk rencana ini adalah mengajak pembaca untuk melihat solusi, bukan fokus kepada masalah. Dari paragraf pertama, pembaca akan didorong untuk mengambil tindakan dan sikap positif.
4. Tajuk rencana yang bersifat memuji
Tajuk rencana ini berbentuk pujian yang bermaksud untuk memuji seseorang atau organisasi yang memiliki prestasi yang baik, dalam tajuk rencana ini pun juga harus disertai alasan mengapa seseorang atau organisasi tersebut layak untuk dipuji.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tajuk Rencana Bagian 2

Mading

Kelebihan, Kekurangan dan tahapan menulis Newsletter