Pengertian dan Fungsi Newsletter

Newsletter mungkin terdengar asing untuk masyarakat. Tetapi tahukah bahwa newsletter termasuk media massa?

 Newsletter atau sering disebut juga In-House Journal atau majalah perusahaan atau bulletin merupakan sarana bagi perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan informasi dari manajemen organisasi atau perusahaan kepada anggota organisasi ataupun kepada konsumen.
Rumanti (2004:119) menyebutkan bahwa newsletter merupakan sebuah tipe in house jurnal yang berisikan inti sari berita berita (berita yang singkat) ukurannya bisa sama dengan majalah pada umumnya hanya jumlah halamannya yang lebih sedikit. Akan tetapi, menurut Ruslan (2010:196) menyebutkan bahwa newsletter merupakan media informasi atau siaran berita yang singkat, ditujukan kepada pembaca yang sibuk atau tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca berita terlalu panjang dan terperinci.
Menurut Kriyantono, (2008:162) menjelaskan newsletter merupakan in house journal yakni terbitan berkala yang diperuntukan untuk kalangan sendiri. Berdasarkan kedua teori diatas, maka kami menyimpulkan bahwa newsletter adalah sebuah media internal perusahaan yang berisikan tentang informasi dan aktivitas yang dilakukan karyawan atau perusahaan dengan jumlah halamannya lebih sedikit di bandingkan dengan majalah.

Newsletter memiliki beberapa fungsi. Menurut Kriyantono (2008:163), newsletter memiliki beberapa fungsi sebagaiberikut:
  1. Newsletter dapat memberikan dorongan untuk memperkuat komitmen dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan serta perbaikan moral kerja karyawan-karyawannya. Newsletter sendiri bisa berfungsi untuk memperlihatkan dan mengakui prestasi kerja karyawan-karyawannya.
  2. Newsletter dapat berfungsi sebagai media komunikasi yang menjembatani pihak manajemen dan karyawan sehingga terjadi komunikasi dua
  3. Sebagai media publikasi melalui penyampaian informasi tentang kegiatan atau apa saja yang berkaitan dengan perusahaan kepada pihak lain.
  4. Newsletter dapat menjadi jembatan atau wahana penjalin hubungan dengan publik internal dan eksternal
  5. Sebagai representativecitra korporat dimata publik baik buruknya kualitas newsletter akan menunjukan citra siapa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tajuk Rencana Bagian 2

Mading

Kelebihan, Kekurangan dan tahapan menulis Newsletter