Seputar Pergelaran Sastra Malam Jahanam

        Rm. Prapta Diharja,SJ.. Mata kuliah ini mengharuskan mahasiswi untuk membuat sebuah pementasan sastra. Setiap hari Jumat sebanyak 4 SKS mahasiwa-mahasiswi berdinamika dan berlatih untuk pementasan.

  Pada tanggal 16 November 2018 lalu, mahasiswa-mahasiswi kelas A angkatan tahun 2016  semester V Pendidikan Bahasa Indonesia Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta telah menyelenggarakan sebuah pergelaran sastra. Pergelaran tersebut dibuat karena adanya mata kuliah pergelaran sastra. Mata kuliah tersebut merupakan sebuah mata kuliah sastra yang diampu oleh

         Mahasiswa dan mahasiswi PBSI kelas A mempersiapkan pentas ini dengan sangat baik. Terbukti dengan pembentukkan panitia yang sudah dilakukan pada saat semester  IV. Lalu, mereka melakukan casting pada awal perkuliahan sehingga perkuliahan diisi dengan latihan dan rapat koordinasi setiap divisi. Tidak hanya itu, latihan juga dilakukan diluar jam perkuliahan. Latihan dilakukan sebanyak 3x seminggu yaitu Rabu, Kamis, dan Jumat. Latihan dipimpin oleh sutradara dan asisten sutradara yaitu Hilarius Aryokusumo dan Puput Indriyani. 

          Pergelaran sastra dipentaskan di Hall Selatan, Paingan kampus 3 Universitas Sanata Dharma. Tema yang diambil adalah kampung nelayan. Ada property kapal di tengah panggung. Judul dari pergelaran sastra kelas A ini adalah Malam Jahanam karya Motingo Boesje. Dalam pergelaran tersebut, ada beberapa sambutan yang disampaikan yaitu sambutan Romo Prapta selaku dosen pembimbing, Bapak Danang Sastria selaku Wakil Kepala Progam Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia. Dalam masing-masing sambutan ada ucapan bahwa pergelaran ini merupakan kebanggan dari progam studi dan juga melihat tanggungjawab dari masing-masing individu. 


        Acara pergelaran sastra ini sukses dan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kepuasan penonton yang tinggi, jumlah penonton yang hampir memenuhi tempat, cuaca yang mendukung, dan totalitas dari pemain yang sangat luar. Antusias penonton pun dalam menonton juga mendukung keberhasilan pergelaran. Jika ada adegan lucu dan romantis penonton tertawa dan mengatakan "cieeh... ihiyyyy ". Hal terpenting dari semua faktor keberhasilan adalah kekompakkan dari mahasiswa-mahasiswi kelas A PBSI 2016.


https://www.youtube.com/watch?v=zyFxR46LK2w

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tajuk Rencana Bagian 2

Mading

Kelebihan, Kekurangan dan tahapan menulis Newsletter