Iklan

Iklan? Apa yang kalian ketahui tentang iklan? Tahukan kalian jika iklan merupakan salah satu isi dalam media massa. Iklan memang dekat dalam kehidupan manusia karena iklan sudah sangat terkenal dalam dunia jurnalistik. Yuk, kenali iklan lebih dalam!

A. Pengertian Iklan 
Teks iklan adalah tulisan sebagai media promosi yang efektif guna memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan dengan daya jangkau konsumen secara luas. Secara sederhana, pengertian teks iklan ini merupakan suatu pesan yang isinya berupa penawaran suatu produk yang ditujukkan oleh suatu masyarakat melalui suatu media. Namun, dalam keseharian iklan lebih identik dengan produk komersial yang berbeda dengan iklan pengumuman biasa.
            Selain itu, teks iklan sebagai suatu media komunikasi yang sangat efektif yang digunakan oleh produsen dalam menawarkan suatu barang maupun jasa. Barang dan jasa tersebut ditujukan untuk masyarakat umum atau konsumen. Biasanya dalam sebuah teks iklan, produsen akan membuat teks iklan yang sangat menarik. Tujuannya agar masyarakat umum atau konsumen tertarik dan bersedia untuk membeli maupun menikmati barang atau jasa yang ditawarkan.
            Ketika konsumen tertarik terhadap teks iklan yang ditawarkan, makan penjual barang atau jasa tersebut akan memperoleh keuntungan dari hasil pembelian seorang konsumen. Berbagai macam produk barang dan jasa dapat ditawarkan dalam teks iklan. Teks iklan harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen atau masyarakat umum. Ketika produsen menjual produk yang tidak memiliki manfaat bagi masyarakat, maka produk tersebut akan gagal dipasaran.
            Teks iklan dapat kita jumpai diberbagai macam media, salah satunya adalah media massa. Media massa sebagai media cetak yang menampilkan berbagai macam iklan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat umum atau konsumen. Teks iklan yang muncul pada media massa merupakan alternatif pilihan untuk menampilkan teks iklan selain pada media elektronik yang sering kita jumpai.
            Jadi, dapat disimpulkan bahwa teks iklan adalah tulisan sebagai media promosi suatu barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen atau masyarakat sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dalam keseharian iklan lebih identik dengan produk komersial yang berbeda dengan iklan pengumuman biasa. Produsen akan membuat teks iklan yang sangat menarik bertujuan agar masyarakat umum atau konsumen tertarik dan bersedia untuk membeli maupun menikmati barang atau jasa yang ditawarkan. 
B. Struktur Iklan

Teks iklan memiliki tiga struktur yang harus diperhatikan ketika menyusun teks iklan. Struktur tersebut yaitu sebagai berikut.

1.      Judul.
Judul merupakan bagian terpenting dalam teks iklan. Pada umumnya, judul diletakkan pada bagian atas. Konsumen atau pembaca pertamakali akan melihat judul dari iklan tersebut terlebih dahulu. Maka dari itu judul yang dibuat harus dapat terlihat jelas sehingga konsumen atau pembaca dapat tertarik dengan iklan yang ingin disampaikan.
2.      Nama Produk atau Jasa.
Nama produk atau jasa berfungsi untuk mengenalkan barang atau jasa pada konsumen. Tujuannya agar pembaca atau konsumen mengetahui dan memahami tentang nama dan jenis barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen.
3.      Penjelasan Produk.
Penjelasan tentang produk ini memuat deskripsi produk yang ingin diiklankan oleh produsen. Deskripsi tentang produk ini meliputi spesifikasi produk, cara mendapatkan produk iklan yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. 
C. Ciri Kebahasaan Iklan
  Menggunakan Slogan.
Ciri teks iklan yang pertama adalah mengandung bahasa slogan. Slogan merupakan sekumpulan kata atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan suatu maksud tertentu. Pada umumnya slogan terdiri dari empat hingga lima kata yang mudah diingat. Tentunya, setiap slogan harus memiliki daya tarik yang kuat sehingga pesan yang dimaksud dapat sampai pada sasaran.
Dalam sebuah iklan, slogan merupakan pernayataan atau susunan kata tertentu yang secara singkat menjelaskan tentang produk atau jasa yang dapat mudah diingat oleh konsumen. Slogan merupakan hal yang sangat penting dalam dunia periklanan. Dengan slogan, iklan dapat mudah diingat oleh konsumen. Maka dari itu, kata-kata dalam slogan iklan haruslah kreatif dan tidak ketinggalan zaman agar masyarakat atau konsumen semakin mudah mengingatnya. Penggunaan slogan yang berhasil dapat diamati dari seberapa jauh masyarakat mengenal dan mengingat slogan tersebut. Slogan dikatakan berhasil ketika hanya dengan mendengar atau melihat slogannya, konsumen dapat mengenali produk apa yang menggunakan slogan tersebut pada ikalan.
2.      Menggunakan Kalimat Persuasif.
Kalimat persuasif juga merupakan ciri khas utama dalam teks iklan. Kalimat persuasifadalah kalimat yang isinya bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk pembaca  agar melaksanakan atau menerima gagasan akan suatu hal. Contoh kalimat persuasif yang sering disertakan dalam suatu produk misalnya: “murah, cepat dan handal”, “beli rumah gak pake mikir, tanpa dp, tanpa syarat ribet”, “produk yang direkomendasikan oleh jutaan dokter mata diseluruh dunia”.
3.      Menggunakan Subjek Orang Pertama.
Teks iklan umumnya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak. Mislanya kata aku, saya, dan kami. Subjek orang pertama ini digunakan untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tajuk Rencana Bagian 2

Mading

Kelebihan, Kekurangan dan tahapan menulis Newsletter