Penyusunan dan pengelolaan blog

Teman-teman pasti mengetahui blog. Blog merupakan media massa yang paling mudah diakses karena di google sudah banyak blog yang digunakan untuk mencari dan mendapatkan informasi. Saat ini kita akan membahas tentang blog. Cekidottt!!


Pengertian blog
Dalam buku Guru Go Blog (2013), blog adalah kependekan dari kata weblog. Blog merupakan aplikasi web yang di dalamnya berisi konten berupa tulisan-tulisan yang dikenal dengan istilah posting. Posting di blog bisa diperlihatkan kepada khalayak luas menggunakan URL halaman web umum.
Menurut Solomon dan Scrum (2011), blog adalah sejenis situs web yang dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan menggunakan perangkat lunak (software) online atau platform host yang sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan ruang untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaca dan memberikan umpan balik sebagai komentar.
Menurut Herutomo (2010), blog didefinisikan sebagai bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs ini biasanya dapat  diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tertentu.
Menurut Hakim (2010), dalam definisi yang lebih formal, blog adalah website yang mengandung isi dalam urutan waktu terbalik dan terdiri atas posting-posting. Posting terbaru akan ditampilkan terlebih dahulu baru kemudian posting yang lama.
Blog adalah semacam buku harian online. Pemilik blog biasanya menuliskan berbagai catatan ke dalam blog miliknya, seperti halnya buku harian. Hasil dari tulisan itu dapat dilihat secara online melalui internet. Pengunjung blog juga dapat memberikan komentarnya pada tulisan pemilik blog. Selain tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula meng-upload file. Sehingga pengunjung dapat mengunduh file yang kita posting.
Kelompok kami menyimpulkan bahwa blog atau weblog merupakan aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan, gambar, video, maupun media lainnya (disebut postingan) dan ditujukan pada khalayak umum. Blog juga dilengkapi dengan fasilitas berupa kolom komentar sebagai wujud umpan balik bagi bloger dalam memperbaiki blognya.
Jenis - jenis blog
Berikut adalah tabel klasifikasi jenis blog menurut pendapat kelompok:

Tabel Klasifikasi Blog
No.
Pembeda
Klasifikasi (Blog)
Contoh Blog

1.
Isi
Politik, Hobi, Spam, Kesehatan, Sastra, Perjalanan (travelling), Hukum, Media, Agama, Pendidikan, Direktori, dan Bisnis


2.
Pengelolaan
Pribadi dan Komunitas


3.
Topik
Pribadi dan Bertopik


4.
Sasaran
Luas
Kesehatan, Politik, Hukum, Media, Pendidikan, dan Direktori
Sempit
Hobi, Perjalanan (travelling), Bisnis, Agama, dan Sastra.



Demikian terdapat penjelasan dari masing-masing jenis-jenis blog yaitu,
Blog Politik
Blok politik merupakan blog yang berisi tentang informasi hal politik, aktivis, dan semua hal yang berkaitan dengan politik. Misalnya blog kampanye.
Berikut merupakan salah satu contoh dari blog politik.









Blog Pribadi
Blok pribadi merupakan blog milik pribadi yang isinya bermacam-macam. Sering disebut juga dengan buku harian online. Misalnya berisi tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, pusi, syair, atau curhat saat galau.
Berikut merupakan salah satu contoh dari blog pribadi.









Blog Bertopik
Blok bertopik merupakan blog yang dikhususkan membahas mengenai topik tertentu. Misalnya, membahas tentang fotografi, bisnis online, pemrogaman, dll.

Blog Kesehatan
Blog kesehatan merupakan blog yang membahas masalah-masalah yang spesifik tentang dunia kesehatan. Blog kesehatan biasanya berisi tentang keluhan pasien, atau keterangan-keterangan tentang kesehatan. Biasanya blog ini ditulis oleh praktisi kesehatan seperti dokter, perawat, hingga bidan. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog kesehatan.











Blog Sastra
Blog sastra merupakan blog yang lebih dikenal sebagai litblog (literaty blog) yang berisikan mengenai dunia sastra, mulai dari membuat puisi hingga resensi dunia sastra. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog sastra.

Blog Perjalanan atau travelling
Blog perjalanan merupakan blog yang membahas cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan. Blog ini biasanya ditulis oleh orang yang gemar jalan-jalan. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog perjalanan atau travelling.





















Blog Riset atau penelitian
Blog riset merupakan blog yang membahas tentang dunia akadmis seperti berita riset tentang penemuan-penemuan terbaru.
Blog Hukum
Blog hukum merupakan blog yang kontennya berupa persoalan hukum. Blog ini sering disebut dengan blawgs (blog laws). Berikut merupakan salah satu contoh dari blog hukum.










Blog Media
Blog media merupakan blog yang fokus membahas berbagai macam informasi seputar media massa, baik elektronik ataupun media cetak. Blog ini biasanya ditulis oleh wartawan atau pekerja media.

Blog Agama
Blog agama merupakan blog yang membahas tentang agama, umumnya tentang ilmu agama yang membahas syariat dan cara-cara melakukan ibadah. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog agama.



Blog Pendidikan
Blog pendidikan merupakan blog yang berisikan opini mengenai kependidikan atau blog milik institusi Pendidikan. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog pendidikan.








Blog Komunitas
Blog komunitas merupakan blog yang membahas topik khusus yang digemari, kemudian ditulis oleh komunitas tertentu. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog komunitas.








Blog Direktori
Blog direktori merupakan blog yang berisikan ratusan link halaman blog atau website lain. Biasanya diperlukan untuk aspek Search Engine Optimization (SEO) atau untuk mempermudah orang mencari beraneka ragam informasi atau satu blog. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog direktori.









Blog Bisnis
Blog bisnis merupakan blog yang dibuat oleh pegawai atau wirausahawan untuk menunjang kegiatan promosi bisnis atau tempat mereka bekerja. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog bisnis.









Blog Hobi
Blog hobi merupakan blog yang berfokus pada objek atau hobi tertentu. Misalnya, memelihara kucing, kegiatan memancing, bersepeda, dan sebagainya. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog hobi.









Blog Spam
Blog spam merupakan blog yang digunakan untuk menampilkan informasi-informasi sampah yang sebenarnya tidak berguna di internet. Misalnya, blog yang berkedok bisnis offline, internet marketing, atau menawarkan produk tertentu. Blog ini juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).

Manfaat Blog
Bagi Penulis/bloger
Memudahkan dalam Berbagi Informasi
Pengguna internet bukan hanya mencari informasi, namun busa juga berbagi informasi. Melalui blog, seseorang akan memiliki tempatnya sendiri untuk menuliskan informasi yang beragam. Misalnya, kronologi kejadian yang disaksikannya, informasi menu masakan yang dibuatnya, infromasi seputar kesehatan, teknologi, bahkan gaya hidup.
Melatih Keterampilan dan Kreativitas Menulis
Seseorang yang memiliki hobi menulis, kemungkinan besar akan menyalurkan hobi tersebut dalam blog miliknya. Sedangkan, bagi orang yang sebelumnya tidak suka menulis akan mulai tertarik untuk menulis dari blog yang ia buat. Melalui blog tersebut tentunya si pengelola akan merasa terdorong untuk menuliskan berbagai hal dalam blognya secara terus-menerus agar blognya tetap update.
Media Aktualisasi Diri
Dengan blog, seseorang akan belajar dengan bebas untuk mengembangkan dan mengeksplor lebih jauh serta berbagi pengetahuan yang dimilikinya melalui sebuah tulisan. Dengan membagikan dan menuliskan di blog, maka bukan tidak mungkin seseorang akan termotivasi untuk melakukan hal positif yang dibagikan tersebut.
Media Komunikasi dan Sosialisasi
Blog dapat dijadikan tempat untuk komunikasi dan bersosialisasi melalui tulisan dengan banyak orang. Contohnya saja saat kita menulis tulisan di blog, orang lain dapat mengomentari tulisan kita. Dengan begitu akan menambah relasi pertemanan dunia nyata.
Menuangkan Ide dan Kreasi
Tulisan yang terdapat pada blog merupakan suatu ide yang dicurahkan oleh blogger. Di mana tulisan tersebut bermanfaat bagi banyak orang, blogger dapat mengkreasikan tulisannya misalnya dalam fotografi, pengeditan foto, dan lainnya.
Media Promosi
Blog dapat dijadikan tempat untuk mempromosikan usaha atau produk yang kita miliki. Dengan begitu informasi yang ada pada usaha atau produk dapat tersebar dengan cepat dan luas.

Bagi Pembaca/pengunjung Blog
Menambah Wawasan
Dengan blogging wawasan seseorang akan bertambah luas. Keinginan untuk selalu meng-update blog membuat para blogger berusaha untuk selalu mendapatkan informasi dan pengetahuan baru untuk dituliskan di blog miliknya. Selain itu biasanya blogger akan bertema dengan blogger lain, walaupun hanya di dunia maya namun aktivitas tersebut membuat para blogger saling membaca informasi yang ada di blog kawannya. Hal tersebut akan menambah wawasan blogger tersebut.
Manumbuhkan Minat Membaca
Membaca adalah jendela dunia. Dengan blogging para blogger bukan hanya akan terlatih untuk menulis, namun juga akan terlatih untuk membaca. Mereka akan banyak membaca untuk menemukan informasi baru yang akan ia pergunakan sebagai bahan dalam mengembangkan blognya. Selain itu, blogger juga akan menyempatkan membaca postingan agar dapat memberikan komentar yang relevan di blog temannya (sesama blogger).

Kelebihan dan kekurangan blog
Kelebihan blog
  Selain karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainnya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya.
Blog memungkinkan terjadinya interaktivitas antara sumber dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, suatu topik mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya diskusi antara bloger dengan pengunjung weblognya.
Selaian itu, tidak ada persyaratan personal yang diberikan dari pihak manapun untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri. Formatnya yang mudah diaplikasikan dan pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini dapat dioperasikan oleh siapapun. Tidak diperlukan kemampuan teknis atau kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog. Ditambah lagi, weblog juga dapat berfungsi sebagai sarana menghasilkan tambahan penghasilan tanpa perlu repot-repot ke kantor atau tempat kerja karena bloger dapat mengakses dan mengelola blog dari mana saja.
b. Kekurangan blog
Beberapa kekurangan blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spyware. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan.
Tata letak pada laman blog
Tampilan blog memiliki berbagai macam bentuk, hal tersebut dapat disesuaikan dengan keinginan dari pemilik blog. Pemilihan tata letak dan desain blog menjadi penentu atau ciri khas dari suatu blog. Terkadang blog yang terkenal memiliki tampilan yang berbeda dengan yang lainnya sehingga pengunjung lebih faimiliar dengan blog yang dikunjunginya.
Berikut ini adalah beberapa komponen dan tata letak pada halaman blog yang sering diterapkan:
Header
Komponen Header berada dibagian atas halaman blog, Header berfungsi untuk menampilkan logo blog, menu (navbar) dan kolom pencarian pada blog. Penggunaan Header lebih merujuk pada identitas dari blog serta sitemap atau halaman - halaman apa saja yang terdapat pada sebuah blog. Berikut terdapat gambar yang menunjukkan komponen header.


Content
Bagian Content merupakan bagian utama dari blog. Penempatan dari bagian ini berada ditengah dari halaman blog, tak jarang bagian Content berada diantara dua buah Sidebar. Penempatan bagian ini juga berpengaruh terhadap fokus dari pembaca blog yang ada, pemilihan warna latar belakang pada bagian ini juga menjadi faktor utama dalam desain blog.
Halaman Content yang relevan berisi 5-7 postingan didalamnya. Postingan tersebut diurutkan dari terbaru ke postingan lama, postingan yang ada hanya berupa cuplikan dengan beberapa kata didalamnya penempatan tanggal dan waktu posting juga menjadi suatu nilai tambah bagi pengunjung blog.


Sidebar
Sidebar berada di samping bagian Content, pada bagian Sidebar berisi tentang posting terbaru, posting yang sering dibaca, komentar terakhir dari pembaca dll. Bagian Sidebar dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau informasi apa yang ingin ditampilkan. Tak jarang beberapa Blogger meletakkan daftar Tag, daftar Tag ini berfungsi mempermudah pengunjung untuk memilih artikel sesuai dengan kategori yang ada.


Footer
Bagian Footer berada di paling bawah halaman blog. Pada bagian Footer tidak memuat banyak informasi, informasi yang sering disajikan seperti copyright dari blog, tahun pembuatan serta sitemap dari blog (list menu, kategori, tag) dan juga halaman untuk menjadi subscriber.  Berikut terdapat gambar yang menunjukkan komponen footer.


Penyedia layanan membuat blog secara gratis
Blogger atau Blogspot (www.blogger.com)
Blogger.com atau yang lebih dikenal dengan sebutan Blogspot, merupakan salah satu layanan blog gratis yang paling populer saat ini. Fasilitas template Blogger/Blogspot memiliki kelebihan dibandingkan dengan penyedia layanan blog gratis lainnya.
Karakteristik layanan dari Blogger (Blogspot) antara lain:
Satu user bisa membuat beberapa blog (multiple blog).
Satu user bisa membuat team author, yang memungkinkan sebuah blog diisi oleh beberapa penulis sekaligus.
Menyediakan commenting system, yang memungkinkan pengakses memberikan komentar atas tulisan di blog tersebut.
Tidak menyediakan link manager, sehingga kita harus menyisipkan kode secara manual jika ingin membuat daftar link.
Pada template classic (Old Blogger) tidak menyediakan link manager, sehingga kita harus menyisipkan kode secara manual jika ingin membuat daftar link. Tetapi pada template New Blogger, kita sudah dapat menambahkan link dengan mudah.
Blogger.com banyak didukung oleh berbagai layanan lainnya seperti Google Video yang menyediakan video blog seperti Google Video, HaloScan yang menyediakan commenting system, dan lain-lain.
Template-template khas Blogger/Blogspot banyak disediakan secara gratis oleh berbagai penyedia template di Internet.

Wordpress.com (www.wordpress.com)
Layanan hosting blog gratis lain yang cukup populer adalah Wordpress.com. Layanan blog gratis Wordpress.com menggunakan software blog dari wordpress.org yang sering dianggap cukup handal.
Fitur-fitur Wordpress antara lain:
Blogroll, yaitu sejenis link manager untuk membuat daftar link. Melalui fitur ini, pengguna tidak perlu membuat daftar link secara manual atau mencari penyedia layanan link manager.
Commenting system, dapat dikelola dengan mudah.
Meskipun hanya dapat memilih template yang tersedia, pengguna Wordpress dapat memodifikasi/ mengganti header image, dan mengubah warna tulisan di header.

Blogsome.com (www.blogsome.com)
Layanan dari Blogsome.com ini juga berbasis software dari Wordpress.org, yang sudah terpercaya sebagai software untuk blog.
Karakteristik dari layanan Blogsome antara lain sebagai berikut:
Selain dapat memilih template yang telah tersedia walaupun dalam jumlah terbatas, pengguna Blogsome.com juga dapat mengubah template sehingga memungkinkan penambahan berbagai asesori.blog. Ada cukup banyak website penyedia layanan template gratis untuk Blogsome.
Menyediakan link manager dan commenting system.

Blogdrive.com (www.blogdrive.com)
Layanan blog lain yang cukup populer adalah Blogdrive.com. Sebetulnya, fitur yang disediakan oleh Blogdrive cukup lengkap, tetapi tampakmya kurang mudah digunakan bagi pemula. Seorang pemula yang baru pertama kali log in, misalnya, harus mencoba-coba masuk ke menu-menunya dahulu untuk mengetahui letak-letak fasilitas yang disediakan oleh Blogdrive.
Fitur-fitur dalam Blogdrive antara lain sebagai berikut:
Multiple blog dan multiple author. Dengan multiple blog, satu user dapat membuat beberapa blog, tanpa harus registrasi ulang. Dengan multiple author, sebuah blog yang kita miliki dapat dikelola bersama dengan orang lain yang kita undang sebagai team author.
Commenting system, tagboard (shoutbox), serta newsletter.
Selaian bisa memilih template yang tersedia, para pengguna juga dapat memodifikasi template sehingga dapat menambahkan asesori.
Theme (template) manager juga kurang user friendly bagi pemula.

Membuat blog melalui Blogger dan Wordpress
Syarat pertama dalam membuat blog adalah memiliki posel (email). Selain digunakan untuk menerima dan berkirim surat lewat internet, posel juga dapat digunakan untuk mendaftar blog. Blog tersebut dapat dibuat secara gratis di internet. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan blog lewat Blogger dan Wordpress.
Melalui Blogger
Salah satu syarat agar kita bisa membuat blog gratis di Blogger adalah, bahwa kita harus memiliki akun email dari Gmail, yaitu email yang dimiliki oleh Google. Seperti diketahui bahwa Blogger sendiri merupakan layanan blog gratis yang dimiliki oleh Google, jadi Blogger meminta kita harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu, apabila kita hendak memiliki blog di Blogger. Berikut adalah cara-cara membuat blog di Blogger:
Ketikan www.blogger.com pada browser Klik Sign Up untuk memulai proses pendaftaran.










Apabila anda sudah memiliki akun (email) google, anda tinggal memilih salah satu akun yang akan anda pergunakan untuk membuat blog (disarankan menggunakan akun Google+).














Selanjutnya silakan login dengan akun tersebut.











Berikutnya Anda telah sampai di laman blogger. Isikanlah nama blog, alamat dan tema yang akan Anda pergunakan.












Anda sudah dapat mengakses dan mulai mengelola blog di Blogger. Klik lihat blog untuk melihat beranda blog Anda.
























Melalui WordPress
WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Berikut Cara mendaftar blog di Wordpress:
Ketikkan www.wordpress.com di browser dan klik Get Started (Mulai)









Pada halaman selanjutnya isikan data-data terkait email, username, dan password.















Pada halaman selanjutnya, isikan nama situs (blog), isi blog, tujuan dibuatnya blog, dan seberapa mahir (pengalaman) pembuat blog dalam mengelola suatu blog.










Pada dua laman selanjutnya, berilah alamat dan domain pada blog Anda. Anda dapat menggunakan domain yang berbayar maupun gratis.














Pilih paket layanan yang sesuai bagi Anda.










Setelah itu, muncul halaman baru untuk memberitahukan bahwa blog Anda telah selesai dibuat beserta dengan pemberitahuan untuk mengkonfirmasi email perihal pembuatan blog Anda. Buka kotak masuk email dan lihat pesan dari WordPress.com. Silahkan aktifkan blog dengan megklik tombol Activate Blog.

Setelah proses aktivasi di atas selesai, proses pendaftaran berarti telah selesai. Dengan begitu blog sudah jadi, dan dibawah ini adalah tampilan dashboard atau dapur tempat posting, setting blog dan lain-lain sebagainya.



















Isi dari UU Pers
Berikut isi dari Undang-undang Pers:
BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1
BAB II ASAS, FUNGSI, HAK, KEWAJIBAN DAN PERANAN PERS Pasal 2-6
BAB III WARTAWAN Pasal 7-8
BAB IV PERUSAHAAN PERS Pasal 9-14
BAB V DEWAN PERS Pasal 15
BAB VI PERS ASING Pasal 16
BAB VII PERAN SERTA MASYARAKAT Pasal 17
BAB VIII KETENTUAN PIDANA Pasal 18
BAB XI KETENTUAN PERALIHAN Pasal 19
BAB X KETENTUAN PENUTUP Pasal 20
Pemberlakuan Undang-undang Pasal 21

Dari Undang-undang Pers diatas, terdapat Undang-undang yang membahas mengenai media massa online yaitu terdapat pada Bab I Pasal I Ayat 1-3 yang berisi:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tajuk Rencana Bagian 2

Mading

Kelebihan, Kekurangan dan tahapan menulis Newsletter