Ragam media massa


Media massa ternyata memiliki ragam loh teman-teman! Apa saja sih? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Media massa (dalam bahasa Inggris: Mass Media) merupakan singkatan  dari Media Komunikasi Massa yang dalam bahasa Inggris Mass Communication Media. Secara etimologis, media masa berasal dari bahasa Latin medium yang secara harfiah berarti tengah, perantara atau pengantar, sedangkan massa merupakan kata serapan berasal dari bahasa Inggris yaitu mass yang artinya massa atau jumlah besar kata benda atau dapat diartikan sebagai massa, atau rakyat.
Media massa memiliki ragam yaitu media massa cetak, media massa elektronik, dan media massa online.

A. Media Massa Cetak 


          Media massa cetak merupakan media komunikasi yang bersifat tertulis/ tercetak. Media massa cetak menjadi media yang muncul pertama kali di dunia. Media masa cetak ini pada awalnya digunakan oleh pemerintah untuk mendoktrin  masyarakat, sehingga mampu membawa masyarakat pada tujuan tertentu. Cooley dalam jurnal menyebutkan bahwa awal pembentukan media masa  seperti surat kabar, majalah, dan buku  secara umum digunakan untuk mengikis segala hambatan  isolasi diantara penduduk di dunia dan menghasilakn perubahan penting dan fungsi dalam kehidupan masyarakat. Selanjutnya Cooley menjelaskan ada dua tujuan  organisasi media dalam berkomunikasi dengan khalayaknya, pertama dalam rangka membuka isolasi komunikasi antar penduduk dunia dan kedua untuk perubahan penting dalam organisasi dan fungsi masyarakat. Berikut ini pembahasan tentang jenis-jenis media cetak.

a. Surat Kabar


     Surat kabar muncul pada jaman transisi dimana jaman itu berada pada abad ke 14. Hal ini ditandai dengan adanya beberapa pabrik kertas di Eropa yang mengacu pada teknologi yang dimiliki oleh bangsa China. Surat kabar merupakan media komunikasi yang berisikan informasi aktual dari berbagai aspek kehidupan, seperti politik, ekonomi, sosial, kriminal, budaya, seni, olahraga, luar negeri, dalam negeri, dan sebagainya.
   Surat kabar adalah lembaran yang tercetak berwarna maupun tidak berwarna baik itu berupa gambar, grafik, ilustrasi ataupun tulisan yang terbit secara periodik, aktual dan isinya dari berbagai aspek kehidupan seperti politik, ekonomi, olahraga dan hal lainnya yang tujuannya agar diketahui oleh pembaca. Informasi yang disajikan dlam surat kabar harus mampu menjawab pertanyaan 5W+ 1H ( what, who, when, why, where, dan how).

b. Majalah


     Majalah adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara berkala yang memuat artikel–artikel dari berbagai penulis. Selain memuat artikel, majalah juga berisi cerita pendek, gambar, review, ilustrasi atau fitur lainnya yang mewarnai isi dari majalah. Dalam majalah ada gambar-gambar yang bertujuan sebagai ilustrasi dari tulisan dan juga bertujuan untuk membuat isi majalah menjadi cantik dan menarik. Gambar-gambar tersebut bisa berbentuk gambar orang, gambar benda, atau gambar kartun. Majalah telah mengungguli media lain dengan inovasi yang telah signifikan dalam jurnalisme, advertising, dan sirkulasi. Inovasi ini mencakup laporan investigasi, profil tokoh secara lengkap, dan foto jurnalisme yang sekarang bisa di sebut investigasi reporting. Berdasarkan waktu terbitnya majalah ada beberapa jenis yaitu sebagai berikut.
1) Majalah Mingguan
    Majalah ini terbit setiap minggu sekali. Berita yang diangkat adalah berita  in depth  news dengan jenis berita adalah berita news atau tentang sebuah peristiwa.
2) Majalah Tengah Bulanan
    Terbit setiap dua bulan sekali, berita yang disajikan bersifat informatif dan biasanya memuat tentang berita life style atau gaya hidup
3) Majalah Bulanan
    Hanya terbit sekali dalam sebulan, berita yang disampaikan biasanya termasuk investigasi atau berita yang didapat dari hasil penelitian.
4) Majalah Dwibulanan
    Majalah ini terbit sekali dalam dua bulan, isi berita biasanya terkait dengan laporan dan hasil aktivitas sesuatu. Misalnya, laporan neraca perusahaan atau juga majalah yang berisi laporan pendapatan sebuah lembaga zakat.
5) Majalah Tribulanan
    Konsepnya hampir sama dengan majalah dwibulanan, yang membedakan hanya masalah waktu terbit, yang dilakukan setiap tiga bulan sekali.

B. Media Massa Elektronik


     Media massa elektronik adalah sebuah media yang memuat berbagai macam informasi dalam bentuk suara, gambar, atau perpaduan antara suara dengan gambar yang bekerjanya berdasarkan prinsip elektronik. Media massa elektronik menyampaikan informasi dengan cara memperdengarkan suara, memperlihatkan gambar, serta dengan menampilkan proses terjadinya suatu peristiwa. Media massa elektronik secara garis besar dibedakan menjadi dua jenis yaitu televise dan radio. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ragam media massa elektronik.

a. Televisi 

     Televisi merupakan sebuah media massa yang tidak asing lagi bagi kita. Televisi saat ini memang sudah menjadi media massa terpopuler di kalangan masyarakat, salah satunya masyarakat Indonesia. Televisi dapat ditemukan di mana saja. Di rumah, sekolah, kantor, warung makan, dan lain sebagainya terdapat televisi. Hampir semua orang di dunia ini sudah tahu dan juga menggunakan televisi.

     Secara terminologis istilah televisi berasal dari bahasa Latin yaitu tele dan vision yang artinya “melihat sesuatu dari jarak jauh”. Televisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem penyiaran gambar yang disertai dengan bunyi (suara) melalui kabel atau melalui angkasa dengan menggunakan alat yang merubah cahaya (gambar) dan bunyi (suara) menjadi gelombang listrik dan mengubahnya kembali menjadi berkas cahaya yang dapat dilihat dan bunyi yang dapat di dengar. Dari definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa televisi adalah media massa yang menampilkan siaran berupa gambar dan suara yang dapat dilihat dan juga didengar yang diproduksi di suatu tempat dan dapat dilihat dari tempat lain yang jaraknya jauh.

     Televisi berperan sebagai alat untuk menyampaikan informasi, memberikan hiburan, dan juga memberikan pengetahuan bagi penontonnya. Hal-hal yang disiarkan di televisi pada umumnya mempengaruhi sikap, pandangan, persepsi, dan perasaan para penontonnya. Televisi mampu memberikan pengaruh psikologis bagi penontonnya. Pengaruh psikologis dari televisi yaitu seakan-akan menghipnotis pemirsa, sehingga mereka telah hanyut dalam keterlibatan akan kisah atau peristiwa yang disajikan oleh televisi.

Televisi menyajikan berbagai program pada penontonnya. Program acara televisi, terdiri dari :

a. Program Informasi

     Segala  jenis  siaran  yang  tujuannya  menambah  pengetahuan  (informasi)  kepada penonton.

1. Berita keras (Hard News) adalah sebuah berita yang sajiannya berisi segala informasi penting dan menarik. Berita ini harus segera  disiarkan  oleh  media  penyiaran  kerena  sifatnya  yang penting untuk segera diketahui  khalayak.  Jenis beritanya biasanya berita tentang hukum, criminal, bisnis, dan juga politik.

2. Berita  lunak (Soft News) adalah  sebuah  program  berita   yang  menyajikan  informasi penting dan menarik  yang  disampaikan  secara  mendalam. Berita ini tidak  bersifat  harus  segera ditayangkan. Biasanya beritanya seputar kuliner, pariwisata, pendidikan, dan lain sebagainya.

b. Program Hiburan
         Segala  bentuk  siaran  yang dibentuk  untuk  menghibur  audiens dalam  bentuk musik, cerita, dan permainan. Berikut  yang  termasuk  dalam  kategori hiburan.
1. Drama   adalah   pertunjukan  yang   menyajikan   cerita   mengenai kehidupan   atau karakter seseorang   atau   beberapa   orang   (tokoh)   yang diperankan oleh pemain  (artis) yang melibatkan konflik dan emosi. Program televisi yang termasuk dalam program drama adalah sinetron dan film. Sinetron  disebut  juga  dengan  opera  sabun  (soap opera atau daytime  serial) merupakan   drama  yang   menyajikan   cerita   dari   berbagai   tokoh secara bersamaan,  masing-masing  tokohmemilki  alur  cerita  mereka  sendiri-sendiri tanpa harus dirangkum menjadi suatu kesimpulkan. Film yang ditayangka di televisi adalah film layar lebar yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan film. Berbeda dengan sinetron film hanya selesai sekali tayang.
2. Program  permainan adalah bentuk  program  yang  melibatkan  sejumlah  orang  baik secara individu  ataupun kelompok  (tim)  yang  saling  bersaing  untuk  mendapatkan sesuatu, menjawab pertanyaan dan memenangkan permainan. Program permainan atau kuis ini biassanya melibatkan peserta dari kalangan   biasa   atau anggota masyarakat, namun   terkadang khusus melibatkan  orang-orang   terkenal (selebritis). Selain kuis ada juga program permainan yang menuntut ketangkasan juga kemampuan  fisik pesertanya untuk melewati sesuatu rintangan.
3. Reality show merupakan program yang menayangkan suatu realita kehidupan sosial tanpa dibuat buat dan berdasarkan kisah nyata yang di ambil dari masyarakat biasa atau orang awam bukan selebriti.
4. Talk show adalah suatu jenis acara yang berupa perbincangan atau diskusi seorang atau sekelompok orang (bintang tamu) tentang suatu topik tertentu (atau beragam topik) dengan dipandu oleh pemandu (host). Bintang tamu dalam acara ini biasanya orang-orang yang telah mempelajari atau memiliki pengalaman luas yang terkait dengan isu yang sedang diperbincangkan. Talk show bisa dibawakan dengan gaya formal maupun santai dan kadang dapat menerima telepon berupa pertanyaan atau tanggapan dari pemirsa atau orang di luar studio.
Televisi memiliki beberapa kelebihan yaitu:
a. Dapat menyentuh rangsang penglihatan dan pendengaran manusia.
b. Dapat menghadirkan objek yang amat kecil besar, berbahaya, atau yang langka.
c. Dapat dikatakan "meniadakan" perbedaan jarak dan waktu. Televisi dapat memberikan berbagai informasi secara serentak dan menyebarluaskannya dengan cepat ke berbagai tempat yang berjauhan.
d. Mampu menyajikan unsur warna, gerakan, bunyi, dan proses dengan baik.
e. Mudah ditonton tanpa perlu menggelapkan ruangan.
Televisi juga memiliki beberapa kekurangan yaitu sebagai berikut.
a. Siaran cepat lewat. Ketika suatu stasiun televisi sedang menyiarkan informasi dan tertinggal.Maka penonton tidak dapat mengulang kembali beritanya kembali. Maka itulah televisi mempunyai kekurangan siarannya cepat lewat.
b. Relatif mahal. Biaya yang harus dikeluarkan dalam satu acara memiliki biaya yang tinggi. Hal ini terjadi karena dalam memproduksi program acara membutuhkan crew yang banyak, selain itu perlengkapan yang harus dipakai, pakaian yang dikenakan, makan, listrik, dan sebagainya.

b. Radio
     Radio merupakan salah satu jenis media massa elektronik yang memiliki kekhasan. Kekhasan yang dimiliki oleh radio adalah sifatnya yang audiolingual. Oleh karena itu informasi yang terdapat dalam radio hanya dapat diterima dengan indra pendengaran saja. Radio memiliki beberapa fungsi yaitu menghibur (to entertain), menginformasikan (to inform), mendidik (to educate), dan mempengaruhi (to 
persuade).


Karakteristik dari adalah:
1. Modal utama radio adalah suara, tidak ada visualisasi yang tampak nyata.
2. Produksi siaran radio singkat dan berbiaya murah.
3. Radio bersifat merakyat karena harga pesawat radio murah, mudah dibawa kemana saja, dan buta huruf bukanlah suatu kendala bagi pendengarnya.
4. Produksi radio hanya berbentuk suara, membuat pendengarnya berusaha memvisualisasikan suara itu dalam benaknya masing-masing. Beberapa faktor yang mempengaruhi kekuatan siaran
      Sama halnya dengan televisi, radio juga memiliki program siaran unggulan. Program unggulan dalam radio adalah sebagai berikut.
1. Musik
   Radio adalah media hiburan dan musik menjadi menu utamanya. Beragam program dengan materi dasar musik berkembang sesuai karakteristik pendengar dan kebutuhannya. Kreatifitas penyajian program musik berakar pada beberapa aspek, seperti geografi, dan jenis musiknya. Dalam sepekan radio siaran biasanya menyusun peringkat lagu favorit pendengar sebagai salahsatu cara menentukan indikator apresiasi musik.
2. Berita dan Informasi
    Setiap radio dapat memiliki program siaran berita. Biasanya jenis informasi ringan dan singkat yang digelar secara monolog atau interaktif di radio juga makin dinikmati pendengar.
3. Bertutur Interaktif
    Dalam konteks ini bertutur yaitu “melirik” naskah sebagai panduan improvisasi bicara.Tujuan utamanya untuk menghibur sambil memberikan edukasi.Selain pelayanan permintaan lagu (song request), ada pula program curahan hati (curhat), kuis, perbincangan bebas seputar gosip selebriti, hingga permainan yang mengggugah rasa humor. Beragam teknologi digunakan, mulai surat biasa, SMS, telepon langsung hingga email.
4. Diskusi Publik
    Bagi kalangan pendengar dewasa, radio menjadi arena untuk menyampaikan gagasan dan kritik terhadap situasi sosial, ekopnomi, dan politik. Perencanaan siaran yang cerdik menangkap peluang ini dengan menyuguhkan beragam acara debat seputar masalah kesehatan, seksualitas, isu narkoba, dinamika politik elit, masalah lingkungan, dan lain sebagainya.
     Sama seperti media massa yang lainnya, radio juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari radio adalah:
a. Cepat dan langsung
   Radio menyampaikan informasi kepada publik tanpa melalui proses yang rumit dan butuh waktu banyak. Hanya melalui telepon, reporter radio dapat secara langsung menyampaikan berita atau melaporkan peristiwa yang ada di lapangan.
b. Hangat
  Paduan kata-kata, musik, dan efek suara dalam siaran radio mampu mempengaruhi emosi pendengar. Pendengar akan beraksi atas kehangatan suara penyuar dan seringkali berfikir bahwa penyiar adlah teman dekat bagi mereka.
c. Sederhana
       Radio itu tidak rumit, tidak banyak pernik.Baik bagi pengelola maupun pendengar.
d. Murah
    Dibandingkan dengan berlangganan media cetak atau harga pesawat televisi, pesawat radio relatif lebih murah.Pendengar tidak dipungut biaya sepeserpun untuk mendengar radio.
e. Fleksibel
    Siaran radio bisa dinikmati sambil mengerjakan hal lain atau tanpa mengganggu aktifitas yang lain.
Selanjutnya kekurangan dari radio adalah sebagai berikut.
a. Siaran radio cepat hilang dan gampang dilupakan karena pendengar tidak bisa mengulang apa yang didengarnya.
b. Setiap berita atau informasi yang disiarkan sangat singkat berdasarkan waktu yang telah ditentukan.
c. Sering terjadi gangguan, seperti timbul tenggelam (fading) dan gangguan teknis “channel noise factor”.


C. Media Massa Online
         Media massa online biasa disebut juga media digital. Media ini tersaji di dalam internet dan dapat diakses secara online. Istilah media massa online dalam bahasa Indonesia adalah media daring (media dalam jaringan). Berikut ini adalah pengertian media massa online menurut para ahli.


1. Ashadi Siregar
    Menurut Ashadi Siregar pengertian media online adalah penyebutan umum kepada media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet).Media online ini termasuk website, radio-online, pers online, dan e-commerce.
2. Lorie Ackerman
    Menurut Lorie Ackerman pengertian media online adalah bentuk penerbitan online yang digunakan untuk menyampaikan berbagai ide. Secara umum, media online menggunakan komputer dalam penulisan, pengeditan, pencetakan, atau proses pengiriman publikasi.
         Secara umum, media massa online adalah saluran komunikasi yang ada dalam internet dan dapat dilakukan secara online. Hal ini dapat berupa teks, video, audio, dan foto. Sedangkan pengertian media massa online secara khusus adalah semua yang berhubungan dengan komunikasi massa.
         Perbedaan media massa online dengan media massa lainnya adalah media masa online ini bersifat interaktif. Melalui media massa online ini memampukan penggunanya melakukan komunikasi. Komukasi dapat dilakukan secara real time.
        Internet sudah merajai dunia media massa. Kecanggihan internet sudah menguasai dunia. Banyak orang yang sudah mengakui hal tersebut, dan hampir seluruh dunia lebih memilih internet dibandingkan media massa cetak. Media massa online meliputi website dan aplikasi, seperti situs berita online, situs perusahaan, situs e-commerce, situs media sosial, situs blog, situs forum komunitas, aplikasi chatting, dan lain sebagainya.
Media massa online memiliki beberapa ciri-ciri yaitu sebagai berikut.
1. Kecepatan informasi
    Media massa online ini memiliki kecepatan dalam informasi dibandingkan media cetak dan media elektronik. Peristiwa yang terjadi dapat langsung diupload dalam hitungan menit maupun detik dan peristiwa ini dapat di ketahui langsung oleh masyarakat melalu internet.
2. Informasi dapat diupdate
    Informasi yang disampaikan melalui internet ini dilakukan secara terus menerus. Jika ada pembaruan informasi, maka dapat dilakukan perubahan dan perubahan ini dapat dilakukan secara realtime.
3. Dapat berinteraksi dengan audiens
    Ini merupakan kelebihan dari media massa online. Media massa online memiliki fitur email, chat, survey, kolom komentar, dan lain-lain. Fitur-fitur ini berguna untuk melakukan komunikasi dengan audiens.
4. Personalisasi
       Pengguna media massa dapat memilih atau menentukan informasi yang ingin diketahuinya.
5. Kapasitas muatan dapat ditambah
    Setiap media massa online memiliki tempat penyimpanan di server komputer. Maka jika melakukan penambahan kapasitas media penyimpanan, maka tidak perlu khawatir jika informasi lama yang pernah di publish hilang sementara informasi baru masih bisa di publish.
6. Terhubung dengan sumber lain
    Media massa online dapat dikaitkan dengan sumber lain yang lebih relevan. Sumber yang berkaitan juga dapat melalui sumber yang sam amaupun sumber yang berbeda. Dengan menggunakan Hyperlinink pengguna dapat membuka informasi lain.
     Media massa online juga memiliki fungsi dan manfaat. Fungsi dan manfaat media massa online
1. Informasi >> melalui media massa online pengguna dapat mendapatkan bermacam-macam informasi. Pengguna juga dapat memilih informasi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
2. Sosialisasi >> media massa online juga dapat meningkatkan sosialisasi dalam masyarakat.
3. Diskusi >> melalui media massa online pengguna juga dapat berdiskusi dengan pengguna media massa yang lain.
4. Pendidikan >> media massa online dapat meningkatkan pendidikan. Melalui media massa online ini pengguna bisa mendapatkan informasi yang dapat menambah pengetahuan.
5. Memajukan kebudayaan >> melalui media massa online juga dapat meningkatkan pengetahuan dan memperkenalkan kebudayaan yang ada.
6. Hiburan >> dalam media massa online juga banyak sekali hiburan yang dapat menghibur pengguna.
7. Integrasi >> melalui media massa online dapat menyatukan dari segala pendapat menjadi kesatuan yang utuh.
     Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian media massa online diatas, bahwa penyabaran informasi media online menggunakan internet. Berdasarkan cara publikasinya, media massa online dapat dibagi dalam beberapa jenis, yaitu :
a. Situs Berita Online (Detik.com, Kompas.com, Tribunnews.com, Liputan6.com)
b. Situs Pemerintah (BPK.go.id, Imigrasi.go.id, Kejaksaan.go.id)
c. Situs Perusahaan (Promonavigator.com)
d. Situs E-commerce (Bukalapak.com, Tokopedia.com, Lazada.com)
e. Situs Blog (Maxmanroe.com)
f. Situs Forum Komunitas (Kaskus.co.id)
     Dalam penggunaannya, media massa online ini memiliki kelebihan maupun kekurangan yang harus dihadapi oleh pengguna. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari media massa online.
Kelebihan media massa online :
1. Penyebaran informasi sangat cepat.
2. Informasi atau data lama dapat dibuka kembali dengan mudah.
3. Bentuk konten yang disampaikan bermacam-macam yaitu teks, foto, audio, maupun video.
4. Informasi dapat diakses dengan mudah.
5. Para pengguna media massa oline dapat saling berinteraksi.
Kekurangan media massa online :
1. Informasi yang dimuat tidak selalu benar dan kurang lengkap.
2. Pengguna harus memiliki perangkat dan koneksi internet yang mendukung.

3. Penggunaan media massa online terlalu lama bisa menyebabkan mata lelah dan gangguan kesehatan mata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tajuk Rencana Bagian 2

Mading

Kelebihan, Kekurangan dan tahapan menulis Newsletter